Software Mac tidak kebal terhadap masalah keamanan. Aplikasi pihak ketiga dapat menampung malware, spyware, adware, ransomware, dan berbagai ancaman berbasis keamanan lainnya.

Karena itu, Anda perlu memastikan mengunduh aplikasi Mac dari situs web yang aman, dan dapat dipercaya. Berikut adalah beberapa situs teraman untuk mengunduh perangkat lunak Mac.

Menganalisis Keamanan Situs
Ketika kami melihat situs perangkat lunak bebas teraman untuk Windows (Situs Unduh Software Gratis Paling Aman untuk Windows), kami menjalankan setiap situs melalui dua pemeriksa reputasi Web of Trust (WOT) dan URLVoid.

Kami akan menerapkan filosofi yang sama dalam artikel ini. Web of Trust memberikan skor kelayakan dari 100 sementara URLVoid menilai setiap situs dari 36.

WOT Trustworthiness: 91/100
Peringkat URLVoid: 36/36

MacUpdate adalah salah satu situs web paling populer untuk mengunduh perangkat lunak Mac dengan aman. Ini memiliki perpustakaan lebih dari 40.000 aplikasi. Sebagai perbandingan, Mac App Store resmi hanya memiliki sekitar 15.000 aplikasi yang tersedia.

Semua aplikasi di perpustakaan telah dipilih sendiri oleh tim ahli situs, sehingga Anda dapat yakin mereka semua telah melalui proses pemeriksaan penuh.

MacUpdate juga dapat menghemat uang Anda. Setiap hari, ada "App of the Day" dengan diskon 50 persen. Kadang-kadang, Anda dapat menemukan diskon yang mencapai 90 persen.

Menavigasi situs itu mudah; semua aplikasi dibagi antara 10 kategori yang didefinisikan dengan baik. Mereka adalah Internet, Utilitas, Driver, Game, Pendidikan, Rumah, Bisnis, Desain Multimedia, Pengembangan, dan Grafik dan Desain.

WOT Trustworthiness: 93/100
Peringkat URLVoid: 36/36

Softpedia adalah salah satu situs pengunduhan perangkat lunak terbesar di web. Tidak mengherankan, ia memiliki seluruh bagian yang didedikasikan untuk aplikasi Mac.

File unduhan diperbarui setiap hari, sehingga Anda dapat memastikan Anda selalu mendapatkan versi terbaru yang tersedia. Menggunakan versi terbaru sangat penting untuk menghindari bug dan kelemahan keamanan.

Banyak aplikasi juga ditandai dengan label "Softpedia Secure Download". Itu berarti unduhan datang langsung dari server Softpedia, yang semuanya diuji secara teratur untuk virus dan malware lainnya.

Softpedia juga memiliki ulasan pengguna untuk banyak aplikasi yang tersedia. Mereka dapat memberikan wawasan tentang segala masalah yang mungkin Anda temui selama penggunaan.

WOT Trustworthiness: 92/100
Peringkat URLVoid: 36/36

Jika Anda dapat melihat melewati visual yang sedikit ketinggalan zaman, Pure Mac adalah salah satu situs paling aman untuk mengunduh perangkat lunak dan aplikasi Mac.

Situs ini menawarkan salah satu pilihan kategori yang paling luas; ada lebih dari 80 untuk dipilih. Banyaknya grup berarti situs ini luar biasa untuk menemukan aplikasi Mac untuk melakukan fungsi tertentu.

Pada sisi negatifnya, Pure Mac tidak menjalankan server unduhan sendiri. Semua unduhan di situs adalah tautan langsung yang disediakan penerbit atau pengembang aplikasi. Ingat, menggunakan salah satu aplikasi anti-virus terbaik untuk Mac dapat membantu menangkap unduhan yang mengandung malware yang Anda temui.

WOT Trustworthiness: 90/100
Peringkat URLVoid: 36/36

CNET Download.com  adalah salah satu koleksi aplikasi terbesar di web. Seperti Softpedia, ia mencakup semua sistem operasi utama, termasuk macOS. Secara total, situs ini menawarkan lebih dari 150.000 unduhan gratis.

Baca Juga


Semua perangkat lunak Mac di situs melewati prosedur pengujian yang ketat untuk memeriksa malware dan virus lainnya.

Download.com juga melarang aplikasi apa pun yang:
  • Jangan memiliki perjanjian lisensi pengguna akhir yang mudah dibaca.
  • Memodifikasi browser default, halaman rumah mesin pencari, atau pengaturan keamanan lainnya.
  • Kirim informasi tentang kebiasaan penggunaan komputer Anda kepada pengembang tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Karena ini bagian dari CNET, banyak aplikasi Mac yang dapat Anda unduh memiliki ulasan editorial, yang menyertai posting blog, dan artikel bagaimana caranya. Mereka bergabung untuk memastikan bahwa tidak hanya unduhan awal yang aman, tetapi Anda juga menggunakan perangkat lunak dengan cara yang aman dan aman begitu itu ada di sistem Anda.

WOT Kepercayaan: Tidak Peringkat
Peringkat URLVoid: 36/36

Jika Anda pernah membeli mesin Windows baru, Anda mungkin akrab dengan Ninite. Ini memberikan daftar komprehensif banyak aplikasi Windows paling populer di berbagai kategori. Anda dapat memilih yang Anda inginkan, lalu mengunduhnya secara massal melalui penginstal khusus. Ini dapat menghemat waktu selama fase pengaturan sistem.

Sayangnya, Ninite tidak memberikan solusi untuk Mac tetapi ada alternatif lain: MacApps. Perangkat lunak ini dibagi menjadi tujuh kategori: internet, Produktivitas, Pengembang, Alat, Utilitas, Multimedia, dan Perpesanan. Ada tautan unduhan untuk semua aplikasi yang mungkin Anda gunakan setiap hari, termasuk Spotify, GitHub, Docker, Evernote, Firefox, Chrome, dan banyak lagi. Secara total, ada lebih dari 120 aplikasi untuk dipilih.

Untuk menggunakan alat ini, pilih aplikasi yang Anda inginkan dari daftar, dan MacApps akan memberi Anda perintah Terminal khusus. Rekatkan perintah ke aplikasi Terminal, dan unduhan akan dimulai.

Mac App Store
WOT Trustworthiness: 92/100
Peringkat URLVoid: 36/36

Tentu saja, jika Anda ingin sepenuhnya menghindari situs perangkat lunak Mac pihak ketiga, Anda bisa langsung menuju ke Mac App Store resmi. Secara teori, ini memiliki proses yang sangat kuat untuk mencegah aplikasi jahat masuk ke daftar.

Tetapi bertentangan dengan kepercayaan umum, Mac App Store tidak tahan peluru dari sudut pandang keamanan. Beberapa hal buruk menyelinap masuk.

Misalnya, pada bulan September 2018, Malwarebytes menemukan beberapa aplikasi sedang mengumpulkan data pengguna yang sensitif dan mengunggahnya ke server yang dikendalikan oleh pengembang. Dalam banyak kasus, server berada di China. Hebatnya, salah satu aplikasi Adware Doctor adalah nomor satu di bagan untuk utilitas berbayar hingga penelitian dipublikasikan.

Unduh Langsung Dari Pengembang
Sangat mudah untuk memahami mengapa situs yang mengumpulkan pustaka unduhan aplikasi Mac sangat populer. Mereka menghemat waktu, menawarkan ulasan yang tidak memihak, dan memungkinkan Anda untuk mengunduh versi perangkat lunak yang lebih lama untuk menyingkirkan fitur-fitur baru yang tidak diinginkan.

Tapi tidak ada situs yang kami lihat sempurna. Jika Apple bahkan tidak dapat menjauhkan pelaku jahat dari toko sendiri, Anda dapat yakin bahwa beberapa perangkat lunak berbahaya juga masuk ke platform lain.

Oleh karena itu, cara yang paling dapat diandalkan untuk mengunduh aplikasi Mac dengan aman adalah dengan mengunjungi situs pengembang sendiri dan mengunduh file secara langsung. Waspadalah terhadap serangan phishing untuk perangkat lunak paling populer!

Selama Anda melakukan tindakan pencegahan yang wajar saat mengunduh aplikasi Mac, Anda harus aman. Semua saran yang biasa berlaku jangan mengunduh aplikasi bajakan atau retak, jangan gunakan cermin yang tidak dikenal, jangan gunakan penginstal pihak ketiga, dan jalankan anti-virus setiap saat.

Jika Anda memiliki perangkat mesin lain selain mac, Windows ataupun linux pastikan Anda membaca artikel kami Situs Unduh Software Gratis Paling Aman untuk Windows dan Situs Terbaik untuk Mengunduh Aplikasi Linux